Voice from Heaven

April 01, 2010

TEROWONGAN HIZKIA




Gihon adalah nama salah sungaiyang ada di taman eden dan juga nama sumber mata air yang berada di sebelah timur,di luar tembok kota yerusalem.Dari gihon inilah mengalir air segar yang mengalir ke kolam siloam yang terkenal itu (2 Taw 32:30 ; Yoh 9:7).Pada tahun 700 SM,Raja Hizkia memerintahkan para pekerja nya untuk membuat sebuah terowongan di batu yang keras.Terowongan itu di buat sebagai jalan menuju sumber air Gihon dan berfungsi untuk mengalirkan air ke dalam kota Yerusalem. "Hizkia ini juga telah membendung aliran Gihon di sebelah hulu,dan menyalurkannya ke hilir,kesebelah barat,ke kota Daud "(2 Taw 32:30a).
Panjang terowongan yang berbentuk huruf "S" ini+600 yard(1 yard=0.9144 m ) dan tingginya bervariasi,mulai dari 1,1 m sampai 3,4 m. Pada waktu mengerjakan terowongan ini,Raja Hizkia membagi pekerjamya menjadi 2 kelompok dan masing-masing kelompok bekerja pada ujung-ujung terowongan .Setelah berusaha menembus batu yang keras,akhirnya ke dua kelompok itu bertemu di tengah-tengah terowongan . Usaha para pekerja itu di tuliskan di sebuah prasasti yang di tulis dalam bahasa Ibrani kuno.Prasasti ini di temukan oleh beberapa mahasiswa Jerman pada tahun 1880 di ujung selatan terdi tengah woongan dan kemudian disimpan di meseum Istambul.

Di dalam prasasti itu memang ditulis tentang pertemuan ke dua kelompok pekerja itu,tetapi tidak di jelaskan bagaimana mereka memulai pekerjaan hingga bertemu ditengah-tengah.Mungkin penjelasan yang terbaik yang bisa di terima adalah apa yang dikatakan oleh Amiran,arkeolog Israel.Amiran berpendapat ada sebuah sungai kecil di bawah tanah yang mengalir melalui celah alamiah dalam batu tersebut. Kedua regu mulai bekerja dengan mengikuti aliran sungai kecil dari ujumg ke dua terowongan dan akhirnya mereka bertemu ditengah.
Mengapa Hizkia memerintahkan para pekerjanya untuk membangun terowongan Hizkia ini? Terowongan yang disebut sebagai "Terowongan Hizkia" ini di buat pada waktu Saherib,pemimpin Asyur akan memnyerang dan mengepung kota Yerusalem . Pada masa itu,apabila suatu kota dikepung ada 2 hal yang harus di perhatikan sehubungan dengan perairan (2 Taw 321-5 ). Pertama ,menghilangkan sumber-sumber air yang dapat digunakan musuh-musuh untuk keperluan pasukannya .Kedua ,menjamin persediaan air yang cukup untuk penduduk kota . Harus diperhatikan supaya sumber air itu tersembunyi supaya tidak dapat ditutup atau diracuni oleh pihak musuh . Karena itu di buatlah "Terowongan Hizkia " yang tersembuyi agar tidak terlihat oleh pihak musuh.
Hizkia adalah Raja Israel yang bereputasi baik .Ia hidup dengan sikap yang takut akan Tuhan dan memikirkan keselamatan rakyatnya sehingga ia membangun "Terowongan Hizkia" . Selebihnya dari riwayat Hizkia ,segala kepahlawanannya dan bagaimana ia membuat kolam dan saluran air dan mengalirkan air kedalam kota,bukankah semua itu tertulis didalam kitab sejarah raja-raja Yehuda ? "(2 Raj 20:20). Nama baik menjadi warisan dan identitas yang membanggakan bagi bansa dan anak cucu Hizkia .Sikap Raja Hizkia menginspirasikan untuk kita hidup takut akan Tuhan dan mengkaryakan waktu serta kesempatansehingga menjadi berkat bagi orang banyak.


0 comments:

free counters